Logo TBM-Cs

Logo TBM-Cs

PROFIL TBM-Cs

Tim Bantuan Medis Calamus scriptorius Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat berdiri pada tanggal 15 Oktober 1995. Didirikannya organisasi ini dilatarbelakangi keinginan besar untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa Fakultas Kedokteran di bidang keterampilan medis praktis dan kepencintaalaman. Tim Bantuan Medis Calamus scriptorius atau disingkat sebagai TBM-Cs merupakan wadah bagi para anggotanya untuk melaksanakan amanat kemanusiaan dan pengabdian masyarakat. Melalui organisasi ini juga para mahasiswa kedokteran dalam tingkat lokal mencoba untuk memberikan kontribusi yang nyata dalam membantu menyelesaikan permasalahan sosial kemasyarakatan. Ini terbukti dari kegiatan-kegiatan riil seperti bakti sosial, penanganan bencana alam, dan lain sebagainya. Pendirian TBM-Cs juga diorientasikan untuk menyediakan tenaga medis bagi kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, para event organizer, kelompok pecinta alam dan masyarakat umum.

SEJARAH

Tim Bantuan Medis Calamus sciptorius Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (TBM-Cs FK Unlam) didirikan pada tanggal 15 Oktober 1995 oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Unlam dengan dr. Dames Indra Laga sebagai pendiri dan juga ketua pertamanya. Inisiatif didirikannya organisasi ini dilatarbelakangi oleh keinginan yang besar untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa di bidang keterampilan medis praktis dan kepencintaalaman. Berdirinya TBM-Cs saat itu diorientasikan untuk menyediakan tenaga medis bagi mahasiswa dan kelompok-kelompok pencinta alam dalam melakukan kegiatan-kegiatannya. Seiring dengan perkembangan organisasi, orientasi keorganisasian yang semula lebih menitik beratkan pada kegiatan kepencintaalaman, kemudian lebih diarahkan pada pendidikan dan pelatihan untuk pelayanan kegawatdaruratan medis dan sosial kemanusiaan dengan tetap mempertahankan tradisi kepencintaalaman. Selain itu, orientasi keorganisasian juga berkembang terutama dalam hal penyediaan tenaga medis. TBM-Cs FK Unlam setiap tahunnya mengadakan pergantian kepengurusan sebagai regenerasi demi kemajuan organisasi. Ketua TBM-Cs FK Unlam yang pertama yaitu Dames Indra Laga, kemudian dilanjutkan oleh Ahmad Fadlian Noor, Meitria Syahadatina Noor, Mei Noor Handayani, Doni Saputera, Priadinata Suardi, M. Taufiqurrahman, Gusti Noor Ramadany S, Kus Ageriyawan, Rizky Yusnida A, Endah Ayu RS, Ramadhan Maulana Hikmat, M. Yudhistira Arief Rakhman, dan kepengurusan yang sekarang diketuai oleh Riyadh.

Dalam masa-masa pencarian jati diri, organisasi ini pernah mengalami pergantian sifat organisasi dari Badan Semi Otonom (BSO) menjadi Badan Otonom (BO) sebanyak 2 kali, dan kembali lagi ke sifat BSO pada tahun 2004.

Tetapi sejak kepengurusan tahun 2014 TBM-Cs telah resmi menjadi Badan Semi Otonom Khusus (BSOK), sehingga kedepannya dapat memajukan TBM-Cs dengan lebih baik dan dengan tujuan tetap dapat menjalin hubungan yang lebih baik dengan seluruh civitas akademika FK Unlam. TBM-Cs hingga saat ini masih menyediakan tenaga medis bagi para event organizer yang ingin menyelenggarakan kegiatan seperti konser musik ataupun kegiatan lainnya yang memerlukan tenaga medis baik itu bersifat internal untuk FK Unlam ataupun kegiatan eksternal diluar.

MAKSUD

  • Menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa FK Unlam dalam bidang medis praktis dan kepencintaalaman.

TUJUAN

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya mahasiswa di Fakultas Kedokteran Unlam
  2. Membina dan meningkatkan kerja sama antar sesama anggota TBM-Cs FK Unlam dan antar seluruh civitas akademika FK Unlam
  3. Memberikan bantuan penanganan kesehatan kepada masyarakat dalam menanggulangi bencana kemanusiaan dan kecelakaan pra rumah sakit terutama yang berkaitan dengan kegawatdaruratan

USAHA

TBM-Cs FK Unlam memiliki orientasi usaha yang tidak bertentangan dengan asas dan tujuan:

  1. Menumbuhkembangkan kreativitas civitas akademik
  2. Menanamkan rasa kebersamaan dan keakraban serta kekeluargaan diantara civitas akademika dan masyarakat
  3. Memberikan pelayanan kepada masyarakat