HIMA PSPD, Perjuangan yang Takkan Berhenti

LOGO HIMA

Sejarah & Latar Belakang

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter dibentuk untuk menampung segala jenis aspirasi mahasiswa kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK UNLAM). Didirikan pada 14 Juli 2009, HIMA PSPD menjadi pemandu pergerakan mahasiswa kedokteran untuk melangkah menuju sebuah pengabdian, yang akan mereka jalani seumur hidup. Sebagai layaknya seorang dokter yang merupakan sebuah profesi yang mulia di kalangan masyarakat. Pengabdiannya terhadap bangsa merupakan langkah yang tak ternilai. Untuk menjaga kehormatan itulah, Mahasiswa Kedokteran selalu giat belajar dan berusaha untuk mencapai nilai akademik yang tinggi. Tetapi, nilai akademik bukan satu-satunya indikator untuk menjadi dokter yang baik, pergaulan dengan teman sejawat (se-profesi) maupun dengan masyarakat sekitar, juga menjadi tolak ukur keberhasilan Mahasiswa Kedokteran. Hal ini menjadi latar belakang terbentuknya HIMA PSPD ini.

Perhatian HIMA PSPD pada awal terbentuknya yaitu terhadap mahasiswa kedokteran baik yang berhubungan dengan keprofesian, yang diatur oleh Divisi Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Divisi Hubungan Masyarakat, yang berusaha meningkatkan dan mengembangkan kemampuan ilmiah mahasiswa. Dan non akademik, yang dimanage oleh Divisi Minat dan Bakat serta Divisi Kerohanian, memberikan kemudahan bagi para mahasiswa untuk mengasah kemampuannya dalam bidang seni, olah raga, dan menunjukkan kepada mereka bahwa bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan landasan utama untuk menjani kehidupan sebagai seorang dokter.

Untuk menunjang tujuan HIMA PSPD dan untuk menjaga konsistensi pergerakan HIMA PSPD, maka dibentuklah Divisi Dana dan Usaha, yang bertugas menyokong pendanaan organisasi. Juga dibentuk Divisi Kajian Strategis dan Kaderisasi yang mengatur perkembangan organisasi dan menjaring para penerus perjuangan, yang dalam bahasa modern-nya disebut reorganisasi.

Divisi

Seiring berjalannya waktu dan perbaikan-perbaikan yang dilakukan maka sekarang HIMA PSPD memiliki 6 divisi, yaitu :

  1. PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa). Divisi PSDM adalah mereka yang bertugas buat meningkatkan kebersamaan dan kinerja dari mahasiswa PSPD itu sendiri.
  2. Pengmas (Pengabdian Masyarakat). Divisi ini bertujuan untuk membantu dan mensejahterakan masyarakat umum.
  3. Infokom ( Informasi dan Komunikasi). Divisi ini bertugas mempublikasikan segala kegiatan HIMA PSPD.
  4. Kastrat (Kajian Strategi). Divisi ini yang bertugas untuk mengkaji isu-isu yang beredar tentang dunia kedokteran sehingga layak untuk dipublikasikan.
  5. Danus ( Dana dan Usaha). Divisi ini yang bertugas menyokong pendanaan organisasi.
  6. Pendpro ( Pendidikan dan Profesi). Divisi Pendpro adalah divisi yang menggeluti bidang yang mendukung dan memudahkan kita untuk jadi dan mendapatkan informasi2 seputar mahasiswa kedokteran.

HIMA PSPD menggali dan belajar dari organisasi-organisasi terdahulu di FK UNLAM, yang merupakan seniornya. Menjajaki segala jejak perjuangan mereka, berjuang dengan penuh kerja keras. Walaupun hasilnya masih belum membanggakan, tetapi pembangunan akan terus berlanjut, guna menghasilkan lulusan dokter-dokter yang profesional.

Para Pemimpin

HIMA PSPD dipimpin oleh Ketua, yang pertama adalah Bayu Saputera (2010 sd 2011). Ketua kedua adalah Muhammad Iqbal Arief (2011 sd 2012). Ketua ketiga adalah M. Bimo Harmaji (2012 sd 2013). Ketua keempat adalah Abdul Latif (2013 sd 2014). Ketua kelima adalah Denny Indra Maulana (2014 sd 2015) dan yang menjabat sebagai Ketua HIMA yang keenam adalah Yudha Pratama (2015 sd sekarang).