Program Studi Kedokteran Program Sarjana menyelenggarakan Workshop Penulisan Soal CBT Berbasis Moodle

Banjarmasin – Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi dalam bidang pendidikan sangat membantu mengatasi masalah pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Teknologi, terutama komputer, digunakan dalam pendidikan untuk banyak tujuan mulai dari persentasi materi pembelajaran hingga evaluasi hasil belajar siswa. Pemberian tes/evaluasi menggunakan pensil dan kertas merupakan cara lama yang sudah mulai ditinggalkan. Era saat ini sedang gencar memanfaatkan komputer sebagai alat untuk menyimpan, mengolah, dan memproses tes/evaluasi hasil belajar yang dikenal dengan istilah Computer Based Test (CBT).

Beranjak dari hal itu, Program Studi Kedokteran Program Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (PSKPS FK ULM) menyelenggarakan workshop Penulisan Soal CBT Berbasis moodle untuk para dosen atau tenaga pengajar PSKPS FK ULM pada Jumat (01/10/2021). Acara ini dihadiri oleh Koordinator PSKPS FK ULM Prof. Dr. dr. Triawanti, M.Kes dengan Pemateri dr. Alfi Yasmina, M.Kes., PhD dan Moderator dr. Widya Nursantari, M.Kes yang memandu sesi diskusi.

Dalam sambutan sekaligus pembukaan acara secara resmi, Prof. Dr. dr. Triawanti, M.Kes selaku Koordinator PSKPS FK ULM berharap agar seluruh dosen dapat memaksimalkan sarana dan prasarana yang telah dimiliki oleh ULM, yaitu moodle e-Learning  ULM,  dalam pembuatan soal atau kuis dalam bentuk CBT. Berusaha menjawab harapan tersebut, narasumber kegiatan dr. Alfi Yasmina, M.Kes., PhD berbagi informasi dan mendemonstrasikan tentang cara dalam mentransformasi soal dan kuis dalam bentuk paper based menjadi CBT ke dalam moodle e-learning ULM, mulai dari cara sederhana hingga tahap lanjutan. Narasumber juga menjelaskan tools dalam fitur e-Learning ULM yang dapat membantu dosen dalam pembuatan soal dan kuis berbasis CBT.

Penyampaian Materi oleh dr. Alfi Yasmina, M.Kes., PhD

Acara ini memperoleh antusiasme yang tinggi dari para peserta. Peserta juga diminta untuk mendemonstrasikan pembuatan soal berbasis CBT. Sebagai tindak lanjut, seluruh peserta diminta untuk  melakukan simulasi ujian dan pembuatan soal ke dalam course e-Learning ULM yang telah disediakan oleh tim penyelenggara untuk melihat perkembangan kemampuan pasca diselenggarakannya kegiatan workshop ini.

Sumber : fk ulm